Jumat, 21 Desember 2012

profil desa tanak awu

Propil dan gambaran umum desa tanak awu
Desa    : Tanak Awu
Informen    :  bapak L. ardaja (stap desa bidang pemerintahan)
Waktu    : 16.20 WITA
Tempat    : Kantor Desa/gedung pustu
Tanggal    : 16 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/01
Pada hari senin di pagi yang begitu segar udaranya sehinggah kita merasakan dunia baru dan jiwa baru di karenakan sebelum kita datang ke desa tanak awu kita sangat lelahmenghirup udara yang bercampur dengan polusi dan debu kota mataram yang sangat padat terutama di kelurahan kekalik, gomong dan dasan agung. Tapi di desa tanak awu ini sangat jauh berbeda dengan yang di mataram, ketika kita selesai bersih-bersih ada  seorang stap desa datang mengajak kita ngobrol dengan santai tapi kita masih kaku di karenakan kita belum bisa bahasa desa ini yang nota bandnya adalah orang bangsawan sehingga kita  agak canggung untuk lebih aktif berbicara sehingga kami memakai bahasa nasional atau bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia, obrolan semakin menarik dikarenakan L. ardaja sangat humoris orangnya dan kami sangat nyaman mengobrol dengan beliau, saya pun bertanya kepada beliau siapa siapa nama kepala dusun yang ada di desa tanak awu ini beliau menjawab, desa tanak awu memiliki 16 dusun dan sebagia  dusun sudah memiliki kepala dusun dan ada beberapa dusun saja yang belum mempunyai kepala dusun .



Nama dusun dan kepala dusun yang ada di desa tanak awu :
1.    Tanak awu I        : L. Selamet  Pahrizal
2.    Tanak awu II        : PJS oleh L . ARdaja
3.    Tanak awu barat    : L . Buana
4.    Singa            : Nursiwa
5.    Perendek        : H. L. Nawawi
6.    Rebila            : MamiQ Azharudin
7.    TataQ            : Bapak Kharudin
8.    Reak I            : L . Januri
9.    Reak II            : Bapak Abidin
10.    Selawang barat    : Bapak Muliati
11.    Selawang timur    : Bapak mardini
12.    Gantang timur        : Bapak Mardi
13.     Gantang daye(utara)    : L . Sahnan
14.    Gantang barat        :  PJS oleh Pak KADES (L. SUNTING MENTAS)
15.    Jambek I        : L . Zohri
16.    Jambek II        : Bapak Abdul Roza

Mengetahui berapa jumlah dusun yang ada di desa tanak awu beserta nama-nama kepala dusun yang ada di setiap dusun , Mengetahui jumlah lembaga pendidikan yang berada di kawasan desa tanak awu,  Apa saja yang menjadi mata pencarian masyarakat tanak awu pada umumnya.?, Bagaimana keadaan pemuda  yang berada di dusun tanak awu II , Bagaimana sambutan/antusias  masyarakat dengan keberadaan kita di desa tanak awu



Penerimaan oleh desa dan hari pertama melakukan observasi
Dusun    : Tanak Awu II
Informen    :  bapak  kepala desa
Waktu    : 09.00 WITA
Tempat    : Kantor desa
Tanggal    : 17 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/02
Pagi hari matahari dengan kehangatanya menyapa kami yang sedang beraktivitas di kantor desa tanak awu dikarenakan di kantor desa aka nada acara penerimaan kami oleh kepala desa dan seluruh civitas kantor desa dan kepala dusun yang ada di desa tanak awu.Pada hari selasa, 17 Juli 2012 yaitu hari kedua kami berada di desa Tanak Awu. Saya dan semua teman kelompok KKP pada jam 08.00 WITA berada di kantor desa Tanak Awu karena ada acara penerimaan atau pengenalan kedatangan kami sebagai mahasiswa KKP dari IAIN Mataram kepada para staf dan semua kadus yang ada di desa Tanak Awu. Penerimaan ini diselenggarakan oleh pihak kantor desa Tanak Awu. Lalu Sunting Mentas, yang merupakan kepala desa Tanak Awu berpidato dan mengumumkan kepada masyarakat yang hadir pada waktu itu bahwa kami merupakan mahasiswa KKP dari IAIN Mataram yang akan belajar bersama dengan masyarakat dan menjalankan tugas dari kampus untuk melaksanakan yang namanya KKP. Dalam pidatonya, bapak kepala desa menjelaskan bahwa di desa Tanak Awu ini terdapat 16 dusun yang masing-masing memiliki kadus.

Beliau juga sekalian mengumumkan kepada kadus-kadus yang ada di desa Tanak Awu bahwa tinggal beberapa waktu lagi desa akan mengadakan acara pemilihan BPD yang baru. Setelah mendengar isi pidato bapak kepala desa tersebut, saya pun bertanya dalam hati apakah desa Tanak Awu ini luas ? dan apakah semua kadus di desa Tanak Awu ini aktif melakukan tugas-tugasnya ?.
Setelah selesai berpidato, maka bapak kepala desa memperkenalkan kepada kami, semua staf dan semua kadus yang hadir pada waktu itu. Setelah beliau selesai memperkenalkan semua staf dan kadus-kadusnya kepada kami, maka giliran kami dipersilahkan untuk memperkenalkan diri masing-masing supaya kami lebih akrab dengan mereka. Terlebih dahulu, teman saya Herianto selaku ketua kelompok KKP kami memperkenalkan diri dihadapan semua yang hadir pada waktu itu kemudian diikuti oleh kami semua secara satu persatu. Setelah semuanya selesai perkenalan, maka acara penerimaan di kantor desa pun selesai dan kami kembali ke posko untuk melanjutkan kegiatan yang lainnya .
Selesai acara penerimaan kami semua mulai melakukan observasi sesuai dengan kelompok yang pernah kita sepakati dan lokasi yang sudah kita tentukan, maka kami semuapun pergi sesuai dengan tujuan masing-masing dan ketentuan untuk pulangnya apabila sudah mendapatkan data dari lokasi yang kita kunjungi.




Perkenalan sekaligus membangun relasi dengan remaja desa
Dusun    : Tanak awu I, Tanak awu barat, tampok dan rebila
Informen    :  hartawa, L. Maliki, S.kom, L Ramli ahmad, S.pdi, L. Zulhak
Waktu    : 08.45 WITA
Tempat     : rumah imforman
Tanggal    : 18 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/03
pagi hari suasana yang sangat kondusif dan nyaman untuk memulai kegiatan dan rutinitas, kami bersama beberapa teman yang menyatu dalam kelompok observasi berangkat ke ujung desa paling barat untuk melakukan observasi untuk mengetahui karakter para pemuda dan seluk beluk kondisi dusun yang ada di desa tanak awu.
Kami berbincang-bincang dengan sesama teman kelompok untuk melakukan observasi agar kami lebih saling kenal mengenal masing-masing individu mengingat kita juga baru satu minggu saling mengenal, sesampai kami ke ujung gang, kami pun mengucapkan salam kepada pemilik rumah dan menunggu apa ada  orang di dalam rumah mengingat sebagian besar warga tanak awu beraktivitas di pagi hari ke sawah maka tidak jarang kami menemukan rumah yang tidak ada seseorang pun pemilik rumah tersebut, tiba-tiba ada suara yang mengucapkan jawaban dari salam kami itu ternya itu pemilik rumah, kami pun di persilahkan masuk dan duduk, kami pun mulai berbicang yang di awali dengan memperkenalkan kami sendiri dan member tau bahwa kami kesini untuk melakukan praktek KKP, ternyata orang yang teman kami berbincang ini adalah anak dari pemilik rumah yang masih berusia muda sama seperti kami hanya saja dia lebih besar saja yang bernama L zia zulhaq, kami pun menanyakan bagaimanasih karakter masyarakat tanak awu terutama pemudanya. Beliau menjawab masyarakat tanak awu ramah dan cepat bergaul dan sangat menghargai orang lain dan pemudanya pun begitu juga. Mengetahui bagaimana karakter masyarakat tanak awu Mengetahui rutinitas masyarakt tanak awu, Bagaimana motivasi dan bentuk dukungan masyarakat, terutama pemuda terhadap kegiatan social ?, Apa yang membuat semangat untuk melanjukkan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda di desa ini?











Kerja bakti dan Kunjungan ke tokoh agama dan masyrakat
Dusun    : rebila dan tanak awu I
Informen    :  L Ramli ahmad, S.pdi, (ketua remaja masjid khairul ijtihad)
Waktu    : 15.10 WITA
Tempat    :  rumah imforman
Tanggal    : 19 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/04
Suasana pagi yang sangat nikmat untuk melakukan aktivitas bersih-bersih.Pada tanggal 19 Juli 2012 pukul 08.00 WITA, saya bersama semua teman kelompok KKP pergi ke masjid Khaerul Ittihad yang ada di dekat kantor desa Tanak Awu. Disana, kami membersihkan masjid,ada yang membersihkan halaman, lantai dalam masjid dan bagian-bagian masjid yang lainnya. Sedangkan masyarakat yang ada disekitar hanya sebagian saja yang ikut membersihkan masjid, sebagian besar dari mereka yang ikut membersihkan masjid merupakan para pengurus masjid. Ketika matahari sudah agak siang, yaitu Jam 09.26 saya dan sebagian besar teman kelompok KKP pergi ke masjid yang ada di dusun Rebila, disana kami juga melakukan hal yang sama yaitu membersihkan masjid Rebila, hal ini dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.
Selesai sarapan saya dan beberapa teman pergi ke rumah ketua remaja untuk mengompirmasi rencana untuk melakukan kegiatan untuk menyambut bulan suci romadhon yang tinggal menghitung hari sesampai kami di rumah ketua remaja kami melihat ada tamu juga di sana kami pun mengucapkan salam dan keluarlah ustad ramli menjawab salam dan mempersilahkan kami masuk, kamipun masuk dan duduk bersam dengan tamu yang lain. Ternyata tamu tersebut mempunyai niatan yang sama dan tujuan yang sama dengan kami melakukan pembicaraan mengenai penyambutan kedatangan bulan suci romadhon.
Setelah kita berdiskusi panjang lebar kesepakatan dari diskusi itu pun telah kita sama –sama menyepakati untuk tidak melakukan kegiatan pada awal bulan romadhon itu, akan tetapi kita akan melakukan kegiatan yang sangat besar ketika kita akan menyambut nuzulul Qur’an pada waktu perayan nuzulul Qur’an menjadi hari puncak dari kegiatan itu.














Pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat dan remaja
Dusun    : Tanak awu II
Informen    :  ketua remaja masjid khairul ijtihad (ustd Ramli Ahmad, S.pd)
        tokoh agama dan remaja
Waktu    : 09.55 WITA
Tempat    : rumah ustd L Ramli Ahmad, S.pd masjid khairul ijtihad
Tanggal    : 20 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/05
Di paagi hari nan cerah aku dan temanku Roby dan Arabiah pergi kerumah ustad L. Ramli ahmad, S.Pd untuk mengompirmasi dan meminta dispensasi waktu untuk menjadi petugas pada jum’at sekarang ini alasanya karena kami belum mengetahui tata cara pelaksanaan sholat jum’at di desa tanak awu tepatnya di lingkungan masjid khairul ijtihad dan menanyakan bagimana tata cara pelaksanaan sholat jum’at di desa tanak awu ini pada umumnya, setelah di jelaskan panjang lebar kami sangat paham dengan penjelasan yang di sampakan oleh ketua remaja tentang tata cara dan bagaimana masyarakat dalam memandang seorang tokoh agama atau petugas di masjid terutama sebagai seorang imam di masjid masyarakat tanak awu sangat memperhatikan pola hidup dan tingkah laku seseorang yang di tokohkan maka dari itu aku dan teman sangat menggaris bawahi dan camkan kata-kata ustad ramli dan member tau teman-teman yang lain untuk menjaga sikap dan tingkah lakunya selama berada di desa ini.
Akhirnya dispensasi waktu di berikan kepada kami untuk berdaptasi dengan lingkungan dan menyesuaikan dengan tata cara masyarakat tanak awu dalam melakukan sholat jum’at dan di jum’at yang akan datang kami harus siap menjadi petugas jum’at. Malam  yang dingin saya dan teman-teman mengikuti rapat bersama dengan remaja dan tokoh agama di masjid khairul ijtihad untuk mebahas tawaran yang di sampaikan oleh tokoh agama dan pengurus masjid hairul ijtihad untuk mengambil bagian dalam struktur petugas sebagai imam (imam terawih dan jum’at), khotib  muazin  dan  kholifah dalam sholat sunnat terawih dengan cara bergiliran dengan kami dan remaja dan para imam masjid, selesai rapat kamipun bercanda tawa bersama remaja agar aku dan kawan semakin akrab dengan remaja yang ada di desa tanak awu.












Silaturrahmi ke rumah kepala dusun rebila
Dusun    : rebila
Informen    :  L. Azharuddin ( kepala dusun rebila)
Waktu    : 09.45 WITA
Tempat    : rumah pak kepala dusun
Tanggal    : 21 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/06
Selesai sarapan aku dan teman-teman bercanda tawa sebelum mulai beraktivitas setelah kami bersih-bersih dan mandi aku dan Riski dan arabiah pergi ke rumah bapak kepala dusun rebila untuk meminta izin untuk ikut mengambil bagian dalam pelaksanaan posyandu di dusun rebila terkait dengan kepala pustu sebagai ketua posyandu meminta kawan- kawan mahasiswi untuk ikut membantu di dalam kegiatan posyandu yang ada di setiap dusun di desa tanak awu agar teman-teman mahasiswi mempunyai pengalaman. Setelah kami menyampaikan tujuan kedatangan dan kunjungan kami ke sini, pak kepala dusun menyambut kami dengan baik dan memberikan kami beberapa masukan dalam menjalani kegiatan ini, dan kami pun di ajarkan untuk berkomunikasi dengan  ibu-ibu yang akan di temui oleh teman-teman di lapangan ketika mengikutikegiatan posyandu, beliau juga memberikan kita imformasi yang sangat berguna bagi kami untuk menjadi bekal kami di masa depan.


Silaturrahmi ke rumah pak kades
Dusun    : tanak awu II
Informen    :  Pak KADES (L. Sunting Mentas)
Waktu    : 16.00WITA
Tempat    :  rumah pak kades
Tanggal    : 24 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/07
sore itu saat kami sedang bercanda bersama dan sebagian teman sedang mengerjakan tugas yang belum di selesaikan siang tadi terdengar suara salam dari luar pintu  kami pun menjawab salamnya dan mempersilahkannya untuk masuk dan duduk , ternyata tamu itu adalah ketua remaja masjid khairul ijtihad beliau menyanyakan apa sudah di tanda tangani proposal tersebut kami jawab belum, beliau kaget mendengarnya sehinga beliau pun menelpon entah siapa yang di telpon selang beberapa menit selesai beliau nelpon langsuang bertanya kepada kami siapa yang mau ikut temani saya ke rumah kepala desa untuk meminta tanda tangan beliau kami pun terdiam sejenak dan beliau menunjuk aku, sambil berkata side yang ikut bersama tiang pergi kerumah pak kades, aku pun menjawab geh, kami pun berangkat kerumah pak kepala desa , sesampai disana saya di suruh menunggu di motor biar saya yang masuk beliau katakan kepada saya, beberapa saat beliaupun keluar dan menyuruh aku ikut masuk tapi lewat belakang karena pintu depan terkunci beliaupun tadi masuk melalui pintu belakang, setelah aku masuk langsung dipersilahkan duduk oleh pak kepala desa , dan beliau bertanya ada perlu apa anda menghadap kesini , ustad ramli pun menjawab, begini mamiq kedatangan kami kesini sebagaimana instruksi anda untuk tidak memperbolehkan kami menyeken atau mengkopi tanda tangan pelungguh, owww begitu yang mana yang akan di tanda tangani beliau berkata ini mamiq, mulailah pak kades menanda tangani semua proposal yang kami baawa. Aku pun membantu melipat kertas untuk menandai dimana beliau akan tanda tangan sambil berbincang bincang dengan beliau setelah selesai sebagian yang di tanda tangani beliau bertanya masih ada yang akan di tanda-tangani?  Kami menjawab masih banya pak , beliau kaget mendengar jawaban kami , akupun mencoba memecahkan suasana entar kalau tangan pegal tiang pijitin dengan nada bergurau beliau pun ketawa  dengan gelinya beliau menyahut candaan aku , xante saja inilah tugas seorang kepala desa di rumah juga ada ibu yang akan mijit bapak, kami pun tertawa dengan riang mendengar gurauan pak kepala desa, selesai di tanda tangani semua proposal kami pun meminta izin untuk mohon diri dan berpamitan kepada beliau dan sekalian keluarganya.









Silaturrahmi ke pondok pesantren nurus salam
Dusun    : Reak
Informen    :  pengasuh pondok pesantren ustad gardan
Waktu    : 21.30 WITA
Tempat    : bakda tarawih / pondok pesantren nurus salam
Tanggal    : 27 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/08
Kesunyian malam terpecahkan oleh suara orang yang tadarusan di setiap masjid membuat malam itu berbeda dari malam sebelumnya, malam itu aku dan kawan-kawan pergi ke pondok pesantren nurussalam reak untuk memenuhi undangan rapat dalam rangka memeriahkan bulan suci romadhan akan mengadakan perlombaan tingkat santri di pondok pesantren nurus salam, sesampai di sana kami semua disambut baik oleh pengasuh dan santri di pondok tersebut, sesampai di sana kami langsung di persilahkan masuk ke musolla pondok dan disanalah kami melaksanakan rapat meminta kita dari KKP kesediannya untuk menjadi dewan hakam pada lima mata lomba, kamipun mensetujuinya sehingga kami tidak melakukan rapat terlalu lama dikarenkan kesepakatan sudah kita dapat, akhirnya kita berbincang-bincang seputar pemuda dan anak didik yang ada di pondok pesantren ini.



Silaturrahmi ke rumah pak kades
Dusun    : Reak
Informen    :  Pengasuh pondok dan para guru di madrasah dan aliah
Waktu    : 10.00 WITA
Tempat     : gedung sekolah/madrasah
Tanggal    : 28 Juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/09
Pagi itu aku  sedang menyiapkan sarapan buat teman-teman, tiba-tiba saja ketua kami mengumumkan yang membuat aku dan teman-teman di dapur kaget kirain ada apa-apa ternyata ketua kita member tau kalau kita akan pergi mengunjungi pondok pesantren nurussalam untuk mengopirmasi tentang tugas dan apa saja yang harus kami persiapkan ketika menjalankan perlombaan tersebut dan terkait sebagai dewan hakam apakah sudah ada format penilaan yang akan kita nilai,  sehabis sarapan kita berangkat instruksi ketua, setelah selesai sarapan dan beres-beres kami berangkat ke pondok pesantren,sesampai di pondok pesantren kami di tanyak mau bertemu dengan siapa, aku menjawab bertemu dengan ustad garden, owww.. ustad garden tidak ada di sini, akupun bertanya balik terus ustadnya lagi dimana di jawab oleh salah satu santri di madrasah tempatnya sedang mengajar, dan terdengar suara lagi silahkan kesana saja, akhirnya ketua kami memutuskan untuk pergi kesana  sekalian kita silaturrahmi dengan semua guru yang ada di sana, kami pun setuju dan berangkat ke madrasah karena madrasah dengan pondok sangat jauh jaraknya maka kami menggunakan sepeda motor ke sana, sesampai di sana kami diterima dengan baik oleh guru-guru di sana akan tetapi di sana masih situasi belajar mengajar dan kami menunggu untuk dapat bertemu dengan semua guru yang ada di  sana, sambil menunggu kami di temani oleh beberapa stap kantor dan guru yang sudah selesai mengajar pada jam pertama tadi, kami pun memperkenalkan satu demi satu dan meneruskan perbincangan dengan penuh canda tawa tiba-tiba bel pun berbunyi dan murid-murid madrasah kelur dari kelasnya di damping oleh guru-guru yang mengajar di setiap kelas tersebut, kemudia kami di hampiri oleh guru-guru tersebut, kami pun di ajak balik ke pondok pesantren agas bisa berbincang panjang lebar di sana kami pun ikut berangkat pulang bersama-sama, sesampai di sana kami langsung dengan tujuan kita untuk menegaskan tugas kami menjadi dewan hakam.











Undangan rapat pemuda di dusun rebila dan perendek
Dusun    : rebila dan perendek
Informen    :  muksin dan adi
Waktu    : 21.00 WITA
Tempat    : musolla perendek
Tanggal    : 1 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/10
Malam yang sunyi menyelimuti desa tanak awu terpecah bagai puing-puing bangunan yang runtuh akibat gempa, pada malam itu kami pergi untuk menghadiri rapat remaja masji rebila dan perendek (GERPAKAT) nama organisasi persatuan remaja di desa rebila dan perendek, saya dan bersama rekan-rekan KKP menuju ke lokasi rapat untuk memeriahkan bulan suci romadhon dan nuzulul Qur’an yang akan di adakan di masjid rebila dan perendek sesampai di sana ternyata kami sedang di tunggu dan kami di sambut dengan baik, kamipun dipersilahkan masuk dan duduk untuk melaksanakan rapat sehingga dibukalah rapat oleh ketua remaja dan ketua remaja menyampaikan hal yang diharapkan kita bisa bekerja sama isi pengantar yang di sampaikan oleh ketua remaja tersebut. utuk itu kami di mintai pendapat acara apa yang cocok untuk memeriahkan acara nuzulul Qur’an yang akan di gelar di masjid perendek dan rebila, dalam rapat ini remaja meminta kami teman-teman KKP untuk ikut bekerja sama memeriahkan acara perlomboan dalam rangka memeriahkan bulan suci romadhon, remaja juga memberikan kami tugas sebagai pembuat surat undangan dan penggalangan dana dan pembuatan soal untuk lomba cerdas cermat dan keperluan dalam lomba cerdas cermat. Kami pun setuju untuk ikut membaur dalam menyukseskan lomba ini. Rapat pun berjalan dengan sesuai yang di harapkan oleh semua yang hadir sebagai peserta rapat. Menjalin relasi dengan remaja dan pengurus remaja dan organisasi persatuan remaja di dusun rebila dan perendek. Menjalin kerja sama untuk mensukseskan acara yang akan di buat oleh remaja masjid


















Kunjungan ke dusun jambek
Dusun    : jambek
Informen    :  kepala dusun jambek I dan II , masyarakat setempat 
Waktu    : 10.04 WITA
Tempat     : rumah kepala dusun dan warung
Tanggal    : 18 juli 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/11
Dusun jambek II
Saat aku berkunjung ke jambek aku bingung mau kemana dikarenakan tidak tau  arah mata angin aku dan teman sangat buta dengan arah. Didusun jambek jumlah penduduknya sekitar 600 KK di bagi antara jambel 1 dan jambek 2 dan di jambek 2 ini belum sama sekali yang namanya dibentuk RT atau RW dusun yang masih primitif atau  dengan kata lain gubuk, sedangkan mata pencahriannya disana sama dengan reak 1 dan reak 2  dan disana pada tahun yang dulu yang paling pepuler itu ojek dan kuda ,tapi sekarang tidak pepuler lagi seperti dulu yang namanya ojek atau kuda .jumlah penduduk yang sudah dibagi kalau di jambek 2 (dua) itu jumlahnya penduduknya 120 KK saja. 


   

Dusun jambek 1                   
Mata pencahriannya yaitu perternakan,tanam tembakau,jagung .kita disanapun disambut dengan baik sama istrinya karena pertama kali kita nyampe disana tidak ada bapak kadusnya ,terus itu kita disuru masuk lalu itu kita disuru duduk sambil mennugguh bapak kadusnya datang  disanapun saya melihat-lihat fato-foto beliau sama keluarganya ,sudah lama kita duduk tadanglah beliau sambil mngatakan minta maaf lama mnngguh sambil kita salaman sama beliau ,lama-kelamaan kita duduk bicara lalu istrinya mengeluarkan kita kopi ,terus itu kita disuru minum teh tersebut sambil kita mendengar penjelasan beliau tentang berapa jumlah penduduk disana  dan jumlah penduduknya sekitar 176 KK  dan sebanyak 90 orang yang terdiri dari beberapa profesi semuanya sudah tergabung didalam 90 orang tersebut baik itu petani, maupun pengawai tapi semuannya mereka tetap berkerja  disawah nggak ada yagy menbedakan atara petani dan pegawai ,kerena mereka semuanya tergantug pengasilan dari panennya ,kalau eggak kerjah disawa mereka tidak dapat untuk dmakan.dan disana juga masyarakatnya ada yang pergi arab saudih arabiah ,dan pendidikan disana sangat majuh sekali , sedangkan mesjidnya itu disana hanya 1 (satu) saja.
 warga Dusun Reak 1/Reak 2/Jambek 1/Jambek 2 untuk pergi kesawah sangat semangat sekali dan Semangat kekeluargaanya Sangat dijunjung tinggi, setiap hari mulai pagi masyarakat setempat selalu pergi beraktivitas di sawah itulah perkerjaan meraka .mata pencaharian warga mayoritas petani, namun tidak sedikit juga yang menjadi buru tani/pengrosogan dan yang lainnya., Apakah tidak tidak pernah ada kendala dalam Melaksanaan panennnya?, Siapa saja Orang-orang yang  Merasa kesulitan dalam  melaksanakan panennya diDusun?, Apa yang di kerjaka masyarakat ketika musim kemarau ?, Kenapa masyarakat tersebut tidak mencari perkerjaan sampingan saja?    














Pengkaderan calon guru TPA ASSYYAH
Desa    :tanak awu barat
Informen    :  _
Waktu    : 14.00 WITA
Tempat    : musolla
Tanggal    : 02 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/12
Siang yang begitu panas menyengat kulit tetapi tidak menghalangi langkah ku untuk pergi mengamalkan ilmu dan pengalaman yang ku dapat di bamgku kuliah dan mengajarkan alumni TPA assyah untuk mengajar adik-adiknya yang masih butuh bimbingan dan didikan saying kalau potensi mereka di abaikan, aku pun dengan penuh semangat memberikan materi cara mendidik yang baik dan benar bagi alumninya  di karenakan di TPA itu sangat kekurangan guru.sesampai disana aku pun langsung mulai dengan nada malu-malu aku membuka bimbingan guru untuk menyiapkan mereka sebagai guru yang akan mendidik adik-adiknya di TPA, meraka sangat antusias mengikuti bimbingan yang aku lakukan bersama teman-teman yang lain, apa yang aku katakan meraka menyimak dengan khusuk, aku pun berpikir dalam hati semoga ini menjadi awal yang baik untuk merubah dan memberikan motivasi dan semangat untuk melanjutkan perjuangan ini, tiba-tiba pikiran ku terpecang belah mendengar pertanyaan yang di lontarkan oleh seorang anak yang duduk paling ujung, akun melit dan memberikannya waktu untuk bertanya, Ia berkata begini kak bagaimana cara kita menangani ketika murid atau adik yang kita didik nakal dan tidak mau mendengarkan perkataan kita…? Aku pun menjawab begini adik …kita sebagai pembibing sekaligus kakaknya harus bisa memposisikan diri  dan mampu mengetaui apa yang dia ingini dan kita harus mendekati hatinya agar dia bisa  kita membuat dia simpati dan akhirnya dia tidak akan bertingkah macam-macam lagi . bagaimana adik-adik ada pertanyaan lagi , lok tidak kita akhiri pertemuan hari ne besok kita lanjutin lagi , ya kak jawab mereka, aku pun menutup bimbingan pada hari itu dan balik ke posko lagi.

Kunjungan ke rumah remaja
Desa    : tataq
Informen    :  irwan, gejung, ria,
Waktu    :  20. 00 WITA
Tempat    : rumah Irwan
Tanggal    : 03 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/13
Malam jum’at aku, roby dan sarbini  di kunjungi oleh teman di posko dan di bawakan semangka oleh teman remaja yang tinggal di dusun tatak, mereka sangat baik dan ramah terhada siapapun, kami pun sangat senang berteman dengan mereka, setelah berbincang-bincang kami pun di ajak kerumahnya kamipun tidak bisa menolak karena mereka sangat baik pada kami, mereaka sangat sering membawakan kami semangka dan sayuran yang mereka tanam di sawah mereka sehingga kami tidak bisa menolak ketika di ajak berkunjung di rumahnya, akhirnya kami pun pergi ke rumahnya, sesampai di rumahnya ternyata orang tuanya juga sangat ramah kepada kami dan kami di sambut baik oleh keluarganya, setelah kami di persilahkan duduk kami di suguhkan semangka dan berkenalan dengan keluarga teman ku, sambil berbincang dan bertanya mengenai masyarakat tatak, aku sangat takjub melihat keluarga ini yang begitu ramah-tamahnya kepada kami padahal kami baru saja di kenal 1 minggu oleh anaknya aku pun sangat nyaman bersana keluarga ini, sederhana tapi penuh dengan kebahagian di raut wajah mereka di kunjungi oleh kami suasananya semakin menyenangkan dikarenakan salah satu dari anggota keluarganya orangnya sangat humoris dan lucu membut kita ketawa dengan riangnya, karena sudah larut malam kamipun mohon diri dan berpamitan tiba-tiba ketika kami keluar dari rumahnya, salah satu dari anggota keluarga mereka memberikan kami semangka 6 buah dan sayur satu bakul kamipun sangat berterimakasih kepada mereka dengan semua ini dari jamuan dan oleh-olehnya kamipun berpamitan dan kembali ke posko, sesampi di posko temen-temen sangat senang di bawakan semangka dan sayuran untuk santap sahur.

perlombaan
Desa    : tanak awu II
Informen    :  _
Waktu/tempat    : 21.00 WITA
Tempat    : MASJID KHIRUL IJTIHAD
Tanggal    : 04 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/14
Malam yang begitu dinginnya di sertai oleh hiruk pikuknya suara tadarusan yang begitu merdunya dan nyaringnya menemani kami yang akan menyiapkan perlombaan yang akan di laksanakan malam ini, setelah persiapan selesai dan peserta sudah datang aku pun naik ke tempat yang telah di sediakan untuk dewan hakam, beberapa saat kemudian perlombaan di mulai dengan mata lomba azan tingkat anak-anak yang begitu meriah dan sangat menghibur penonton selesai mata lomba azan tingkat anak-anak di lanjutkan dengan mata lomba hapalan ayat-ayat pendek begitu juga dengan mata lomba ini tidak kalah serunya dengan mata lomba azan tadi, selesai  mata lomba tahfiz ayat-ayat pendek dilanjutkan dengan mata lomba tilawatil Qur’an yang mana setiap pesertanya sangat berbakat dan suaranya aduh hai merdunya sampai-sampai aku tak merasa di atas dunia, aku pun sampai lupa menilainya, ternyata bukan hanya saya saja yang terpesona oleh suara lantunan ayat al-Qur’an tetapi semua penonton yang mendengarnya pun sangat terpesona oleh suara yang begitu indahnya. Selesai mata lomba tilawatil al-Qur’an di lanjutkan dengan mata lomba pidato tingkat SD dan SMP, ketika lomba pidato di mulai dengan peserta pertama penonton di kocok perutnya dengan ketawa yang sangat-sangat menggelikan di karenakan peserta ini di kala menyampaikan pidatonya sangat lucu dan jenaka sehingga membuat dewn hakam dan penonton tertawa semuanya, akupun sangat terhibur oleh penampilan peserta pertama itu, begitupun peserta ke dua dan ketiga dan seterusnya sangat mengahibur aku di sini aku dapat banyak ilmu dan pembelajaran sehingga akupun bersemangat dan menikmati tugaskun menjadi seorang dewan hakam. Setelah perlombaan pidato tadi maka berakhirlah perlombaan malam ini dan akan di lanjutkan besok sore kira-kira di mulai jam 3 siang aku pun di ajak duduk dan bercanda-canda oleh remaja sebelum kembali ke posko, akupun ikut bercanda dan bercerita dengan remaja di masjid, ternyata remajanya sangat humoris dan sangat seneng di ajak ketawa-ketawa akupun ikut bergaur dengan mereka dan sesekali megeluarka  cerita lucu yang aku alami bersama teman-teman  kelasku di kampus. Setelah malam terasa larut tapi kita tak sadar dengan malam yang semakin larut di karenakan keasikan bercanda dan bercerita, dan mata pun sudah mulai memberikan tanda bahwa mata ini pengen di pejamkan sejenak akupun berpamitan kepada semuanya dan kembali ke posko.










Kantor DEPAK
Desa    : KOTA PRAYA
Informen    :  _
Waktu/tempat    : O9.00 WITA
Tempat    : Kantor departemen agama
Tanggal    : 06 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/15
Pagi-pagi kami bersih-bersih bersama di posko untuk menyambut hari yang begitu cerah dan indahnya untuk mulai beraktivitas, pagi itu juga aku dan rumajan berencana pergi ke kantor departemen agama untuk  mengantar proposal permohonan dana untuk acara nuzulul Qur’an untuk memeriahkan bulan suci romadhon, seseesai aku beres-beres dan mandi aku dan rumajan berangkat untuk mengantar proposal tersebut ke kantor agama. Setelah sudah siap aku dan rumajan berangkat menggunakan satu sepeda motor dan aku di yang jadi belakang kebetulan aku tidak memiliki SIM untuk itulah aku di belakang, rumajan sangat santai di ajak kemana-mana sehingga aku senang bersama dia pergi kemana-mana dengan dia, setelah menempuh perjalanan setengah jam kami berdua sampai di kantor agama Lombok tengah setelah itu aku dan rumajan masuk ke kantor tersebut, akan tetapi kami tidak bias masuk ke dalam dikarenakan kita sudah di tunggu di depan lobi kantor kami di tunggu oleh penerima tamu dan melapor tujuan kita kesini apa , sehingga proposal itu kami serahkan di sana maka kami pun pulang dengan membawa segudang harapan terhadap proposal itu karena itu satu-satunya harapan kami untuk mendapatkan suntikan dana untuk menunjang semua kegiatan kami di desa tanak awu untuk menjalankan program kerja yang sudah kami mulai kerjakan. Di perjalanan kami berdua berharap besar proposal itu cair dalam waktu dekat ini karena saat ini kami sangat membutuhkan dana untuk membeli perlengkapan untuk menjalankan program yang sudah berjalan, semoga ini awal yang baik buat kami amin.

 ALUR SEJARAH
Desa    : REBILA
Informen    :  Raden H. Arsid toyib
Waktu/tempat    : 09.00 WITA
Tempat    : rumah impormen
Tanggal    : 07 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/16
Pagi-pagi aku dan teman-teman bersiap-siap untuk memulai aktivitas yang sudah di rencanakan tadi malam aku pun sudah mempunyai planing untuk berkunjung ke rumah seorang yang sangat akan membantu saya untuk menemukan alur sejarah, selesai aku mandi aku memanggil dua teman ku yang akan menemaniku ke warga tersebut, aku pun bersiap-siap untuk berangkat besama BQ dan hariadi sesampai di sana aku dan teman-teman di persilahkan duduk dulu karena yang akan aku temui itu sedang istirahat, kami pun bingung harus ngapaen karena orang yang akan kami temui sedang tidur, aku pun bebincang-bincang dengan anaknya di bilang  saya tidak berani membangunkan pabak, akupun menjawab ow ya endak apa-apa, kami pun bertanya masalah kiprah dari orang yang akan kami temui ternyata orang yang akan kami temui adalah orang yang paling di segani di desa tanak awu, aku pun ingin mengetahui lebih jauh tentang beliau, tiba-tiba ada seorang anak yang datang kira-kira ia berumur 15-17 tahun dan masuk ke kamar orang yang akan kami temui dan membangunkannya dan memberi tahu kedatangan kami, aku pun sangat kawatir kami di marah oleh beliau karena mengganggu istirahatnya, beberapa menit telah berlalu anak itu pun keluar dan bilang kepada aku tunggu sebentar ya. Akupun semakin kwatir, setelah menunggu beberapa menit beliau pun keluar untuk menemui kami, aku pun menyambut dan menjabat tangan beliau dan memberi tahu tujuan kami kesini. Ternyata beliau sangat ramah dan bersahaja walau kami masih anak-anak. Setelah itu beliau mengajak kami ke kamarnya dan mempersilahkan kami untuk duduk dan memberi tahu alasan beliau menyuruh kami masuk, alasan beliau adalah karena yang kita inginkan ini tidak sembarangan makanya harus kondusif tempatnya.
Beliau pun mulai dengan menanyakan nama dan alamat kami masing-masing dan memberikan kami motipasi setelah itu beliau mulai membicarakan alur sejarah yang di mulai dari keberadaan desa penujak ternyata desa tanak awu merupakan pecahan dari desa penujak disanalah di mulai sejarah desa tanak awu setelah panjang lebar bercerita mengenai asal usul desa tanak awu maka lanjut ke asal mula terbentuknya dan penamaan desa tanak awu dan bangsawan-bangsawan yang ada di desa tanak awu tetapi masalah asal usul manusia yang menempati desa tanak awu ini sangat panjang maka beliau tidak sampai selesai menceritakannya kepada kami karena beliau juga harus mengingat –ingat kembali dan kami di suruh kembali kesini pada lain waktu untuk menyambung alur sejarah ini. Setelah itu beliau mengkritik kami beliau sangat terbuka, kami pun ada rasa cemas tapi ya ini demi kebaikan kami, beliau mengkritik bahasa yang kami gunakan kurang tepat penggunaannya maka beliau meluruskan kesalahan yang kami lakukan dan mengajari kami akupun sangat senang di ajarkan bahasa bangsawan yang asli dan sangat jarang kami dengar setelah itu kami mohon maaf dan berpamitan untuk balik ke posko aku pun kembali menjabat tangan beliau sambil mohon maaf kalau ada tata cara dan bahasa yang saya gunakan menyinggu hati beliau.



OBSERVASI
Dusun    : tatak, reak, selawang dan jambek
Informen    :  kepala dusun tatak, reak, selawang, dan jambek
Waktu/tempat    : 14.00 WITA
Tempat    : musolla dan rumah kepala dusun
Tanggal    : 08 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/17
Pagi- pagi aku berangkat menyusuri jalan menuju ke dusun tatak dan reak untuk mencari imformasi mengenai apakah semua masjid yang ada di desa tanak awu mempunyai pengurus remaja masjid karena itu aku pergi pagi-pagi untuk mencari imformasi ke setiap kepala dusun untuk mendapatkan imformasi mengenai hal tersebut ternyata sudah ada namu belom tertata dengan baik akhirnya itu menjadi program kelompok kami untuk menata administrasi remaja masjid tersebut.
Mengetahui berapa jumlah organisasi remaja masjid dan menata administrasinya. Mendapatkan imformasi mengenai seluk beluk perjalana pengurusan remaja masjid .Apa saja yang di kerjakan selama ini oleh remaja masjid .? Bagaimana bentuk sumbangsih dari remaja masjid bagi masyarakat umum. Apa langkah awal untuk menjalankan dan mewujudkan visi misi terbentuknya remaja masjid.






Pengkaderan calon guru
Desa    : tanak awu barat
Informen    :  _
Waktu/tempat    : 19.00 WITA
Tempat    : musolla tanak awu barat
Tanggal    : 11 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/18
Siang yang begitu panas menyengat kulit tetapi tidak menghalangi langkah ku untuk pergi mengamalkan ilmu dan pengalaman yang ku dapat di bamgku kuliah dan mengajarkan alumni TPA assyah untuk mengajar adik-adiknya yang masih butuh bimbingan dan didikan saying kalau potensi mereka di abaikan, aku pun dengan penuh semangat memberikan materi cara mendidik yang baik dan benar bagi alumninya  di karenakan di TPA itu sangat kekurangan guru.sesampai disana aku pun langsung mulai dengan nada malu-malu aku membuka bimbingan guru untuk menyiapkan mereka sebagai guru yang akan mendidik adik-adiknya di TPA, meraka sangat antusias mengikuti bimbingan yang aku lakukan bersama teman-teman yang lain, apa yang aku katakan meraka menyimak dengan khusuk, aku pun berpikir dalam hati semoga ini menjadi awal yang baik untuk merubah dan memberikan motivasi dan semangat untuk melanjutkan perjuangan ini.



Syapari romadhon
Desa    : tampok
Informen    :  _
Waktu/tempat    : 19.00 WITA
Tempat    :  musolla tampok
Tanggal    : 13 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/19
Malam yang begitu berbeda dengan malam yang lain dikarenakan malam itu terasa sangat dingin dan langit terlihat mendung, malam itu aku dan beberapa teman di aja pergi sapari romadhon oleh pak kepala desa ke dusun tampok, disana masyarakatnya hanya sedikit bermukim, kami semua akan sholat terawih di mosolla tampok bersama masyarakat, kedatangan kami sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat selain itu juga kami dari rekan-rekan KKP memperkenalkan diri sebagai wadah sosialisai ternyat masyarakat sangat senang dengan kehadiran kami titengahtengah merekan. Setelah selesai sholat terawi acara pun di mulai dengan di awali pidato pak kepala desa dan di teruskan dengan perkenalan dengan masyarakat setelah itu kami dengan rombongan pulang .







Halal bihala
Desa    :tanak tanak awu II
Informen    :  _
Waktu    : 22.00 WITA
Tempat    : musolla
Tanggal    : 23 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/20
Pagi itu kami melakukan bersih-bersih karena kantor desa sangat kotor sudah di pake untuk membuat atribut pawai takbiran oleh masyarakat dan remaja tanak awu setelah selesai bersih-bersih kami semua pergi halal bihalal ke semua masyarakat tanak awu II  dengan cara berkeliling desa dan bertemu dengan setiap masyarakat desa, ternyata kehadiran kami sudah dikenal baik oleh semua masyarakat terbukti dengan semua inngin di singgahi rumahn ya tetapi kami menolak karena kami akan melanjutkan perjalanan ke rumah selanjutnya. Hari itu sangat melelahkan dikarenakan kami seharian berkeliling kerumah setiap masyarakat sambil bercanda tawa bersama.






Membuat soal untuk cerdas cermat
Desa    :tanak awu I
Informen    :  _
Waktu    : 22.00 WITA
Tempat    : posko
Tanggal    : 24 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/121
Malam itu aku tidak hadir ke masjid untuk mengikuti teman-teman menjadi dewan hakam karena malam itu ada pinal cerdas cermat tapi belom ada soalnya , soal yang di butuhkan malam itu adalah 75 soal yang terdiri dari 30 soal agama, 10 soal bahasa inggris dan 25 soal untuk matimatika, malam itu aku sangat pusing sekali tidak ada teman yang membantuku aku sangat kewalahan membikin soal dan menyusunnya sesuai dengan banyak regu yang akan pinal , malam itu baru aku rasakan seperti seorang guru yang akan menyetor soal semesteran bagi murid-muridnya , aku sangat kebingungan dan tidak tau harus berbuat apa, sudah satu jam aku mikir tidak ada yang aku dapatkan di karenakan aku sudah tuangkan semua yang ku ketahui pada hari pertama membuat soal untuk cerdas- cermat waktu itu, aku pun semakin bingung tiba-tiba aku teringat waktu itu akau juga membuat saol untuk perlombaan di dusun rebila akhirnya aku mencari falinya di lektop roby karena waktu itu aku mengetiknya di sana,alhamdulillah setelah beberapa menit aku mengotak atik lektop itu aku oun menemukannya dan aku susun sesuai regu setelah selesai aku ingin mengeprinnya ternyat lektop roby tidak bisa di pake ngemprin karena belum di instal, akupun kembali bingung akhirnya aku memasukkanya ke plasdisk dan mencoba memakai nlektop hariadi, akun pun kesulitan memakai program mickrosop word 2010 yang di gunakan oleh lektop itu aku pun semakin bingung akun coba prin tidak bisa di prin akhirnya aku putuskan menulis dengan tangan, setelah selesai aku masukkan ke dalam amplop yang sudah di sediakan dan menyerahkan ke masjid tempat perlombaan berlangsung dan aku balik ke posko nuntuk menjaga motor teman-teman.

Silatur- rahmi dan halal bihalal
Desa    : REAK
Informen    :  _
Waktu    : 09.00 WITA
Tempat    : pondok pesantren nurussalam
Tanggal    : 25 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/22
Suasananya di pondok pesantren itu biasa saja dan tidak ada bedanya dengan hari kemaren aku npun bersama teman-teman masuk ke dalam pondok tersebut dan mulai acara halal buhalal yang suda di sediakan khusus di mosolla pondok kami melakukan halal bihalal kami sangat senang bisa berintraksi dengan semua pengurus dan santri yang ada di sana mereka sangat lah ramah tamah dan saling mengghargai satu sama lain aku sangat nyaman melihat suasana yang begitu haru setelah itu kami Pulang ke posko dan istirahat.








Tahlilan
Desa    :tanak awu II
Informen    :  _
Waktu    : 14.00 WITA
Tempat     : rumah keluarga yang di tinggal mati
Tanggal    : 26 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/23
Hari itu menjadi hari yang begitu memilukan bagi sebagian orang karena ada sebagian keluarga sedang mendapatkan musibah yang sangat memukul merekan, pada hari itu ada yang di tinggal pergi oleh anggota keluarga mereka dan ada yang sedang dalam keadaan sekarat, kami pun bagitu juga dalam keadaan sekarat keungan untuk masalah dapur tapi itu tidak menjadi alasan kami untuk bermalas-malasan di posko seperti biasa kami melakukan rutinitas kami sebagai orang yang sedang melakukan praktek, hari itu juga kami mendapat undangan untuk pergi tahlilan orang yang meninggal, kami pun bersiaap-siap untuk berangkat bersama-sama, setelah kumpul kami berangkat ke tempat undangan sesampai di sana kami langsung di persilahkan masuk dan duduk, beberapa menit kemudian datanglah jamuannya, kemudian kami di persilahkan untuk makan aku sangat bengung kenapa kita di suguhkan padahal belum kita melakukan sesuatu yang biasa dilakukan oleh orang yang di undang tahlilan, selesai makan kita langsung pulang dari rumah keluarga yang sedang terkena musibah, sungguh aku sangat heran dengan keadaan ini sangat tidak biasa, baru kali  ini aku melihat tradisi seperti ini akupun sangat heran dengan suasana dan tradisi seperti ini, kami pun pulang seperti tamu undaangan yang lain, di tengah perjalanan aku masih terheran dengan kejadian yang baru aku rasakan dan saksikan sendiri terasa seperti maen-maen tapi itulah sebuah tradisi masyarakat tanak awu, aku sangat tidak bisa melupakan kejadian ini sampai di posko pun aku masih bertanya-tanya pada diriku sendiri, tadi itu nyata atau mimpi sungguh sangat mengherankan, ini lah kenyataan yang memeng terjadi yang aku alami.

Halal bihalal bersama remaja
Desa    :tanak awu, tatak, dan rebila
Informen    :  _
Waktu    : 09..00 WITA
Tempat    : posko kantor desa
Tanggal    :  27 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/24
Pagi –pagi aku memgang handpon di luar posko sambil bercanda dengan teman-teman ku, tiba-tiba handpon ku berbunyi ternyata ad panggilan masuk dari remaja desa tanak awu, aku pun mengangkat dan mengucapkan salam, remaja ini menanyakan kapan kami penarikannya aku pun menjawab hari jum’at tanggal 31 agustus aku bilang dia sangat terkejut berarti lagi 4 hari donk di menyahut iya , saya jawab , oya dah lok gitu entar kami datang bersam teman-teman ke posko halal bihlal akupun mengabari teman-teman ku dan menyuruh mereka siap-siap untuk menyambut mereka, berjarak hanya setengah jam mereka pun datang bersama remaja yang lain akupun menyambut mereka dan berjabatan tangan dan mempersilahkan mereka masuk ke posko, di dalam kamar cowok itu tempat kami menjamu tamu kami sembari bercerita dan bercanda tawa bersama mereka, aku sangat senang dengan mereka yang orang-oarangnya rata-rata humoris dan sangat senang di ajak bercanda tawa, aku dan teman-teman semua terasa sudah saling mengenal bertahunan padahal kami baru kenal satu bulan malahan kurang tapi sudah begitu akrabnya dengan mereka kami sangat terhibur dengan kedatangan meraka ke posko kami sambil silaturrahmi dan halal bihalal besama mereka setelah kami lelah bercanda tawa mereka pun berpamitan dankemudian pulang.



Mengantar surat undangan
Desa    : tanak awu I,II, dan barat, tampok, rebila, perendek , tondak
Informen    :  _
Waktu    : 08.00 WITA
Tempat    : rumah masing-masing undangan
Tanggal    : 28-29 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/25
Pagi itu kami sudah di sibukan untuk menyiapakan acara perpisahan kami yang tinggal 3 hari lagi kami pun bekerja sama stu sama lainnya menyiapakan acara ini karena inilah acara terakhir yang akan mempertemukan kami dengan masyarakat tanak awu, setelah sarapan aku pun pergi mengantar surat undangan bersama rizki ke beberapa dusun yang sudah di bagi-bagi oleh pak ketua kami, akupun berangkat dengan rizky ke dusun rebila, perendek dan tondak, aku pun mulai mengantar undangan dari rumah kerumah , beberapa rumah menghentikan langkah kami nberdua karena kami di suguhkan kopi dan kue, selain menjadi penambah tenaga bagi kami, juga menjadi penghalang kmi untuk mengantar undangan ini, tetapi itu bukan alasan kami untuk tidak menyelesaikan pekerjaan kami berdua, hari itu kami hanya bisa mengantar setengahnya saja malamnya pun aku pergi mengantar ke sekitar dusun tanak awu saja karena ini sudah malam dan  kami tidak mau mengganggu waktu istirahat mereka akhirnya malam itu pun hanya 10 surat yang aku bisa antar, akan aku lanjutkan besok sore bersama rizki, keesokan harinya aku pun berangkat mengantar sisa surat undangan yang belum kami antar ke beberapa dusun, aku pun berangkat bersama rizki ke dusun yang lebih jauh terlebih dahulu dan terus berjalan samapai semua surat undangan itu sampai ke tujuannya dengan semangat yang baru untuk menyambut hari yang baru aku mengaynkan langkah ku menuju rumah yan g di tuju oleh surat undangan ini setelah beberapa jam aku berjalan mengantar surat undangan ternyata jam sudah menunjukkan setengah sebelas selesailah tugas ku dengan rizki mengantar surat akupu pulang sampai di posko aku istirahat meluruskan urut-urat yang pegal berjalan tadi. 

Acara perpisahan
Desa    :tanak awu II
Informen    :  _
Waktu/tempat    : 09.30 WITA/
Tempat     : kantor desa
Tanggal    : 30 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/26
Hari itu matahari sangat cerah menyinari bumi tercinta ini, pagi itu aku dan kawan-kawan  membersihkan lingkungan kantor desa agar kelihatan bersih,karena hari in I adalah hari perpisahan yang kami dengan masyarakat tanak awu, setelah semua bersih kami pun bersiap-siap untuk menyambut tamu undangan yang datang setelah selesai mandi semuanya kami berkumpul untuk menyambut tamu kami yang datang jam menunjukkan jam 9 pagi sudah ada satu dua tamu kami yang datang, setelah lama kami menunggu akhirnya jam setengah sepuluh tamu undangan datang sehingga penuh ruangan yang telah kami sediakan, acara pun di mulai dan aku bertindak sebagai fhoto grapernya atau seksi pubdekdoknya untuk menjadi dokumentasi kami di acara ini, acaranya walau penuh dengan kesederhasnaan dan jauh dari kesempurnaan tapi sangatlah meriah dan sangat berkesan karena kami telah menyetingnya dengan sedemikaian rupa, acara berjalan dengan lancar tiada hambatan sedikitpu setelah acara selesai kami menutup dengan acara salam-salaman sebagai acara maaf-maafkan di anatara kami, setelah itu kami lanjutkan di luar ruangan dengan acara fhoto bersama dengan semua tamu undangan dan remaja- remaji tanak awu setelah selesai acara fhoto-fhoto bersama kami duduk-duduk dan bercanda tawa sambil makan semangka dan minum es, pemuda di sini sangat bersedih melihat kita tinggal satu hari di sini karena tak ada lagi yang akan mereka kunjungi ke kantor desa ini sabil kami bertukar cerita dan sesekali aku memfhoto mereka  setelah jam menunjukan jam 12 satu persatu remaja berpamitan dan akhirnya pulang semuanya, acara tadi itu sangat mengesankan bagi ku dan semua orang yang hadir.

Melayat dan perpisahan dengan remaja
Desa    :tanak awu II
Informen    :  _
Waktu    : 16.00 WITA
Tempat    : kuburan dan kantor desa
Tanggal    : 31 agustus 2012
Kode fieldnote    : endy@ KKP 33 TANAK AWU-02/27
Hari jum’at hari terakhir aku dan teman-teman berada di desa ini kami pun ada rasa sedih dan ada rasa senang berpisah dengan warga tanak awu dan kawan-kawan ku tercinta hari itu semua barang-barang sudah di kemas untuk menunggu kapan akan kami berangkat pulang tetapi hari itu juga ada orang yang meninggal di dekat kantor desa sehingga aku pun berkata kepada sebagian temanku, tidak enak kita pulang sebelum kita ikut melayat dan bersilahturrahmi ke keluarga yang di tinggal kami pun menunggu sanpai acara pemakaman di lakukan dan kami ikut mengantar jenazah ke kuburan dan mengikuti acara pemakaman dan setelah selesai pemakaman aku dan sebagian temanku yang tinggal balik ke posko dan menyiapkan diri untuk pulang beberapa remja datang dan kami pun bercanda tawa bersama sebelum kami berangkat pulang mereka merasa akan kesepian ketika kami akan pulang karena untuk sebagia remaja tidak ada temannya lagi di karenakan sebagian mereka sudah bekerja di bandara dan di tempat lain mereka pun menyuruh kami untuk sering- sering berkunjung ke sini walau tidak ada tugas yang berkaitan dengan desa ini, mereka sangat mengharapkan kehadairan kami di sana kembali walau sesaat, kamipuntidak berani berjanji begitu pasti tapi kami mengatakan insya allah pasti kami ke sini untuk bersilaturrahmi dengan masyrakat desa tanak awu semoga ada umur panjang untuk menyambung silaturrahmi ini, setelah selesai besalaman kamipun berangkat pulang kerumah masing-masing sangat mengharukan berpisah dengan kawan-kawan ku semua.


alam dan hubungannya dengan manusia

BAB I
Pendahuluan
Manusia sesuai dengan kodratnya itu menghadapi tiga persoalan yang bersifat universal, dikatakan demikian karena persoalaan tersebut tidak tergantung pada kurun waktu ataupun latar belakang historis kultural tertentu. Persoalan itu menyangkut tata hubungan atar dirinya sebagai mahluk yang otonom dengan realitas lain yang menunjukkan bahwa manusia juga merupakan makhluk yang bersifat dependen. Persoalaan lain menyangkut kenyataan bahwa manusia merupakan makhluk dengan kebutuhan jasmani yang nyaris tak berbeda dengan makhluk lain seperti makan, minum, kebutuhan akan seks, menghindarkan diri dari rasa sakit dan sebagainya tetapi juga sebuah kesadaran tentang kebutuhan yang mengatasinya, menstrandensikan kebutuhan jasmaniah, yakni rasa aman, kasih sayang perhatian, yang semuanya mengisyaratkan adanya kebutuhan ruhaniah dan terakhir, manusia menghadapi problema yang menyangkut kepentiangan dirinya, rahasia pribadi, milik pribadi, kepentingan pribadi, kebutuhan akan kesendirian, namun juga tak dapat disangkan bahwa manusia tidak dapat hidup secara “soliter” melainkan harus “solider” , hidupnya tak mungkin dijalani sendiri tanpa kehadiran orang lain. Belum lagi manusia dalam konsep Islam mempunyai tugas dan  tanggung jawab yang sangat berat yaitu  “Abdul Allah “ (hamba Allah) satu sisi dan sekaligus sebagai “Kholifah fil Ardli” (wakil Allah di muka bumi).
Sebelum lebih jauh membahas tentang hakekat manusia dalam pandangan filsafat, izinkan kami sedikit memaparkan tentang pengertian filsafat itu sendiri terlebih dahulu. Secara etimologis, filsafat berakar dari bahasa Yunani yaitu  phillein yang berarti cinta, dan shopia yang berarti kebijaksanaan. Jadi filsafat adalah “cinta kebijaksanaan”. Kemudian dari pendekatan etimologis tersebut, dapat disimpulkan bahwa filsafat berarti pengetahuan mengenai pengetahuan, akar dari pengetahuan atau pengetahuan yang terdalam.
Secara terminologis, banyak sekali pendapat-pendapat yang berkenaan dengan pengertian filsafat. Tidak ada pengertian yang secara pasti, tetapi berikut beberapa pengertian yang penulis dapat dari beberapa sumber.
    Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang amat luas (komprehensif) yang berusaha untuk memahami persoalan-persoalan yang timbul didalam keseluruhan ruang lingkup pengalaman manusia.
    Filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang hakekat kebenaran sesuatu.
    Filsafat adalah daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami, mendalami dan menyelami secara radikal, dan integral serta sistematik mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakekatnya yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia seharusnya setelah mencapai pengetahua tersebut.
I.    Rumusan masalah
1)    Apakah definisi manusia, alam, dan tuhan persfektif filsafat.?
2)    Bagaimana hubungan manusia, alam dan tuhan dalam sudut pandang filsafat.?
II.    Tujuan
1)    Untuk memahami dan Mengetahui definisi manusaia, alam dan tuhan dalam persfektif filsafat.
2)    Untuk memehami dan mengetahui hubungan manusia dengan alam dalam pandangan filsafat.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Hakikat alam semesta
Kosmologi adalah cabang filsafat yang beusaha mencari dan membahas hakikat alam semesta, menyikap tentang  hakikat eksistensinya yang tersembunyi dibalik penampakan fisiknya . Kosmologi meruoakan kajian tentang alam semesta sebagai suatu sistim rasional yang teratur, termasuk didalamnya dikaji aspek metafisika dari ruang, gerak, waktu, perubahan, kausalitas , dan keabadian. Dalam teori moderen kosmologi lebih khusus membahas tentang asal usul, struktur, sifat dan perkembangan fisik alam semesta dengan daasar pengamatan dan metodelogi ilmiah. Dalam konsep filsafat islam, alam semesta adalah wujud atau eksistensi tuhan dalam kehidupan ini, dan mencerminkan tanda-tanda kebesaran tuhan, atau ayat-ayatnya. Alam semesta tidak bisa dilihat dengan mata kepala manusia, karena penglihatan mata kepala manusia sangat terbatas, meskipun menggunakan remote sensing sekalipun. Alam semesta tidak bisa di timbang, karna tidak ada timbangan yang dapat memuatnya, gunung saja tidak bisa ditimbang dan tidak ada alat timbangannya apalagi alam semesta. Maka di jelaskan penciptaan alam semesta dalam al-Qur’an sebagai berikut :
                •                    
54. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam.
Penjelasan ayat
Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dsan kesucian-Nya.
Alam semesta sebagai eksistensi tuhan dalam kehidupan ini, meliputi langit, bumu, gunung, samudra, dan segala sesuatu yang ada diantara langit dan umi. Oleh karena itu langit adalah alam semesta, bumi adalah alam semesta dan segala isinya juga alam semesta. Alam semesta sebagai eksistensi tuhan tidak di ciptakan, yang di ciptakan adalah bagian dari alam semesta itu seperti bumi, langit, gunung, samudra, dan segala isi yang ada diantara keduanya . sebagai ciptaan maka langit bumi beserta isinya diciptakan melalui peroses hukum penciptaan yang pundamental, yaitu melalui peroses yang mensyaratkan pencipta waktu, bahan, tujuan, ukuran, dan disertakan didalamnya mekanisme hukum yang bekerja secara otomatis yang secara internal mengatur kehidupannya. Sebagaimana di jelaskan di dalam al-qur’an sebagai berikiut :
 •      
Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
Alam semesta sebagai eksistensi tuhan tidak terbatas, yang terbatas adalah wujud-wujud keseluruhan dari lalm semesta tersebut. Dalam perbincangan filsafat terdapat perbedaan pendapat tentang penciptaan alam semesta, satu sisi pendapat menyatakan bahwa alam semesta diciptakan, dan sesangkan pendapat yang lainnya alam semesta tidak diciptakan, ibaratnya cahaya dengan matahari, dimana matahari tidak ernah menciptakan cahayanya . Jika alam semesta dicitakan, bagai mana peroses penciptaan itu terjadi, apakah tuhan sebagai penciptanya, terikat oleh hukum-hukum pencciptaan dan jika tuhan terikat oleh hukum-hukum penciptaan, maka keterikatan ini tentu bertentangan dengan kekuasaan tuhan sendiri. Bagaimana tuhan itu maha kuasa terikat dan tergantung pada hukum-hukum penciptaan. Sementara pendapat lain menyatakan bahwa penciptaan itu tidak terikat pada hukum-hukum penciptaan, dengan kata lain alam semesta tidak diciptakan, kejadiannya dimungkinkan memuai peroses yang di sebut emanasi atau alfaidl, pancaran.  Konflik ini muncul ketika algajali menyerang paham para filosof, yang di wakili oleh ibnu sina, berkaitan dengan penciptaan alam, al gajali menyatakan bahwa dunia diciptakan dalam waktu melalui keputusan tuhan yang abadi. Ia menolak selang waktu yang memisahkan keputusan abadi tuhan dengan penciptaan dunia sebagai kelemahan zatnya. Bagi al gazali penggambaran atau pemaparan penciptaan dilihata dari sisi waktu, hanyalah suatu permainan imajinai. Tuhan mendahului dunia hanyalah berarti bahwa tuhan itu ada sementara dunia itu tidak ada, dan terus ada dengan dunia. Apa yang di nyatakan itu adalah eksistensi sebuah entitas tuhan yang di akui oleh kedua entitas bersama-sama. Sementara bagi ibnu sina, tuhan mendahului dunia dalam esensi, ketimbang dalam dunia .
B.    Tentang penciptaan alam
                            
4. Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy[1188]. tidak ada bagi kamu selain dari padanya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at[1189]. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan?

Penjelasan ayat
Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dsan kesucian-Nya., Syafa'at: usaha perantaraan dalam memberikan sesuatu manfaat bagi orang lain atau mengelakkan sesuatu mudharat bagi orang lain. syafa'at yang tidak diterima di sisi Allah adalah syafa'at bagi orang-orang kafir.
Dalam konsep filsafat islam sesugguhnya dalam kehidupan ini segala sesuatu di ciptakan oleh allah dengan tidak ada kesia-sian dalam al-qur’ an di jelaskan sebagai baerikut :
                    
38. dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main ,39. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
C.    Mekanisme alam
Mekanisme alam adalah suatu sistem hukum-hukum yang mengatur kehidupanyang ada dalam alam yang sudah ditetapkan tuhan sejak awal penciptaannya dan dapat bekerja secara otomatis untuk melakukan kontrol kehidupannya dalam batas-batas yang sudah ditentukannya, baik batas waktu, batas ruang, batas fungsi, dan batas cara kembalinya pada tuhan . Dalam al-qur’an di jelaskan sebagai berikut:
•                                                                     
3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia. Maka Apakah kamu tidak mengambil pelajaran? 4. hanya kepadaNyalah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.
 •         •                              •        
1. Hai Nabi, apabila kamu menceraikan isteri-isterimu Maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah Tuhanmu. janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar kecuali mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah, Maka Sesungguhnya Dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. kamu tidak mengetahui barangkali Allah Mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru
Penjelasan ayat
 Maksudnya: isteri-isteri itu hendaklah ditalak diwaktu suci sebelum dicampuri. tentang masa iddah Lihat surat Al Baqarah ayat 228, 234 dan surat Ath Thalaaq ayat , Yang dimaksud dengan perbuatan keji di sini ialah mengerjakan perbuatan-perbuatan pidana, berkelakuan tidak sopan terhadap mertua, ipar, besan dan sebagainya.,Suatu hal yang baru Maksudnya ialah keinginan dari suami untuk rujuk kembali apabila talaqnya baru dijatuhkan sekali atau dua kali.
Hukum-hukum itu mengandung kebenaran, karena memang diciptakan tuhan dengan perinsip kebenaran, yang dapat digali manusia menjadi pengetahuan konseptual untuk mengetahui tentang alam semesta. Dalam teori mengenai penciptaan ini, filsafat islam meletakan arti kedudukan-kedukan manusia sebagai khalifah , yaitu sebagai kedudukan yang muluia dengan tugas untuk meneruskan penciptaan, dan peroses meneruskan itu hanya dimungkinkan  oleh penguasaan manusia terhadap pengetahuan konseptualnya, sebagai mana yang telah diajarkan tuhan kepada nabi adam ketika akan di ngkat sebagai khalifah filardi tentang nama-nama benda, pengetahuan yang bersifat kekuasaan ( kemampuan berkarya), karna dengan menguasai pengetahuan konseptual manusia menegaskan kedudukannya di muka bumi.
D.    Kedudukan dan peranan manusia.
Dalam konsep filsafat islam kehadiran manusia dimuka bumi ini terjadi bukan atas rencana dan kehendak dari manusia sendiri, disamping itu, realitas menunjukan bahwa bumi telah ada terlebih dahulu daripada adanya manusia dan kemudian di pilih oleh tuhan untuk menjadi tempat tinggal manusia, bahkan menjadi pusat kehidupannya, dari bumi ia makan, tumbuh, berkembang dan mati lantas di kuburkan dalam perut bumi. Dilihat dari sudut pandang ontologis ini, maka kedudukian dan peranan manusia di muka bumi, bukan manusia yang menentukan, tetapi sebaliknya ia menerima kodrat hidup yang tidak bisa di tolaknya, dan mesti dijalaninya suka atau tidak suka . Oleh karena itu, secara ontologi kodrat manusia pada dasarnya adalah mahluk, artinya diciptakan, dan sebagai ciptaan sudah semestinya dirancang untuk tujuan dan fungsi tertentu, dan yang menetapkan rancangan tujuan dan fungsi itu bukan diri manusia itu melaikan allah yang telah menciptakan manusia sebagai khalifah fil ardhi di jelaskan dalam al-Qur’an sebagai berikut :
                     •           
30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Untuk menjadi khalifah fil ardhi, atau yang akan meneruskan perintah tuhan di muka bumi allah membekalinya dengan pengetahuan untuk mengembangkan kehidupan di muka bumi sebagai mana  dijelaskan dalam al-Qur’an sebagai berikut :
                           •      
31. dan Dia mengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar 32, mereka menjawab: "Maha suci Engkau, tidak ada yang Kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.
Penjelasan ayat
Sebenarnya terjemahan hakim dengan Maha Bijaksana kurang tepat, karena arti hakim Ialah: yang mempunyai hikmah. Hikmah ialah penciptaan dan penggunaan sesuatu sesuai dengan sifat, guna dan faedahnya. di sini diartikan dengan Maha Bijaksana karena dianggap arti tersebut hampir mendekati arti Hakim.






BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Allah menciptakan alam semesta ini bukan untukNya, tetapi untuk seluruh makhluk yang diberi hidup dan kehidupan. Sebagai pencipta dan sekaligus pemilik, Allah mempunyai kewenangan dan kekuasaan absolut untuk melestarikan dan menghancurkannya tanpa diminta pertanggungjawaban oleh siapapun. Namun begitu, Allah telah mengamanatkan alam seisinya dengan makhlukNya yang patut diberi amanat itu, taitu MANUSIA. Dan oleh karenanya manusia adalah makhluk Allah yang dibekali dua potensi yang sangat mendasar, yaitu kekuatan fisi dan kekuatan rasio, disamping emosi dan intuisi. Ini berarti, bahwa alam seisinya ini adalah amanat Allah yang kelak akan minta pertanggungjawaban dari seluruh manusia yang selama hidupnya di dunia ini pasti terlibat dalam amanat itu.
Manusia diberi hidup oleh Allah tidak secara outomatis dan langsung, akan tetapi melalui proses panjang yang melibatkan berbagai faktor dan aspek. Ini tidak berarti Allah tidak mampu atau tidak kuasa menciptakannya sealigus. Akan tetapi justru karena ada proses itulah maka tercipta dan muncul apa yang disebut “kehidupan” baik bagi manusia itu sendiri maupun bagi mahluk lain yang juga diberi hidup oleh Allah, yakni flora dan fauna. Kehidupan yang demikian adalah proses hubungan interaktif secara harmonis dan seimbang yang saling menunjang antara manusia, alam dan segala isinya utamanaya flora dan fauna, dalam suatu “tata nilai” maupun “tatanan” yang disebut ekosistem. Tata nilai dan tatanan itulah yang disebut pula “moral dan etika kehidupan alam” yang sering dipengaruhi oleh paradigma dinamis yang berkembang dalam komunitas masyarakat disamping pengaruh ajaran agama yang menjadi sumber inspirasi moral dan etika itu.

DAFTAR PUSTAKA
Asy’arie Musa, Filsafat Islam Sunnah Nabi dalam Berfikir , yogyakarta, Lesfi, 2001.

ilmu-ilmu al-qur'an

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hinayah-Nya ke segenap isi alam. Dan tak lupa juga kita haturkan salawat serta salam kepada Nabi besar kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang, dengan kata lain Minazzuluma Tiilannur. Melalui laporan ini, saya sampaikan tentang “Ilmu Qashashil Qur’an”.
Akhirnya, saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan semua anggota yang lain agar dapat mengetahui semua tentang “Ilmu Qashashil Qur’an”.

    Mataram, 8 Oktober 2012

Desi Nurlatifah











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN
A.    Penertian Qashash
B.    Macam-macam qashash dalam Al-Qur’an
C.    Faedah-faedah Qashash Qur’an
D.    Hikmah Berulang-ulang Disebut Qashash dalam Al-Qur’an
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA



















MAKALAH
ILMU QASHASHIL QUR-AN
( Ilmu tentang kisah-kisa dalam Al-Qur’an )














Disusun Oleh :
Desi nurlatifah    : 153121079
Ahmad Subandy    : 153091052
Windasari        : 1531210



JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
2012

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Al-qur’an merupakan pedoman dan tuntunan hidup dunia akhirat bagi umat islam yang sudah teruji kebenaran dan jauh dari interfensi manusia dan akan selalu asli jadi panduan sampai akhir zaman. Ilmu-ilmu yang terkandung dalam al-qur’an tidak akan habis di gali oleh manusia untuk mengungkap rahasia yang terkandung dalam setiap ayat-ayat al-qur’an. Dewasa ini al-qur’an bersaing dengan media buatan manusia yang tadinya terbiasa setelah sholat magrib membaca al-qur’an menjadi nonton tv dan sebagainya, akan tetapi al-qur’an tidak akan tergerus dan terkikis oleh zaman dan akan selalu terjaga keasliannya dan akan selalu di wariskan ke generasi-generasi berikutnya, ilmu yang terkandung dalam al-qur’an sangat luas dan tidak terbatas siapa yang akan mempelajarinya. Maka marilah kita membiasakan diri untuk selalu terbiasa membaca dan mempelajarinya agar kita tidak asing dengan lkita suci agama kita sendiri yang apa bila kita berpegang teguh padanya maka akan mendapatkan keselamatan dunia akhirat.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa yang di maksud dengan ilmu qashashil al-qur’an.?
2.    Apa paedah yang kita dapatkan dalam mempelajari ilmu qashashil al-qur’an.?

C.    Tujuan
1)    Untuk mengtahui apa yang di maksud dengan ilmu qashashil al-qur’an dan untuk menambah wawasan tentang ilmu al-qur’an.
2)    Untuk dapat memahami paedah mempelajari al-qur’an dan khususnya ilmu qashashil al-qur’an.
BAB II
ILMU QASASIL AL-QUR’AN
(ILMU TENTANG KISAH-KISAH AL-QUR’AN

1.    Pengertian Qasash.
Qashash berarti mencari bekasan atau mengikuti bekasan (jejak). Lafadh qashash adalah masdar yang berarti mencari bekasan makna atau jejak.
Qashash bermakna :urusan, berita,khabar dan keadaan.
Qashash juga berarti juga berita-berita yan berurutan.
Qashashul Qur’an ialah: khabar-khabar alquran tentang keadaan umat yang telah lalu dan kenabian masa dahulu,peristiwa-peristiwa yang telah terjadi.
Al-Qur’an melengkapi keterangan-keterangan tentang peristiwa yang telah terjadi,sejarah bangsa bangsa,keadaan negeri serta menerangkan bekasan-bekasan dari kaum-kaum purba itu.
2.    Macam-macam Qashash dalam Al-Quran
Qashash dalam al Qur’an ada 3 macam:
1)    Qashash anbiya’ (kisah Nabi-nabi)
Al Qur’an mengandung tentang dakwah para nabi dan mukjizat-mukjizat para rasul dan sikap umat-umat yang menentang.serta marhalah-marhala dakwah dan perkembangannya,disamping menerangkan akibat-akibat yang dihadapi para mukmin dan golongan-golongan yang mendustakan,seperti qashash Nuh,Ibrahim,Musa,Harun,Isa,Muhammad s.a.w dan lain-lain
2)    Qashash yang berpautan dengan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi dan orang-orang yang tidak dapat dipastikan kenabiannya,seperti kisah orang-orang yang pergi dari kampung halamannya yang beribu-ribu jumlahnya karena takut mati dan seperti kisah Thalut dan jalut , dua putera Adam, Ahlul Kahfi,Zulkarnain,Qarun,Ashhabussabti,Maryam,Ashhabul Ukhdud,Ashhabul fil dan lain-lain.
3)     Qashash ynag berpautan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa Rasul saw seperti peperangan Badar dan Uhud yang diterangkan di dalam surat Ali Imran,peperangan Hunain dan Tabuk yang diterangkan di dalam surat at-Taubah,peperangan Ahzab yang diterangkan di dalam Surat al Ahzab dan Hijrah serta Asra’ dan lain-lain.
3.    Faedah-faedah Qashashul Qur’an
Di antara faedah-faedah qashashul Qur’an,ialah:
a)     Menjelaskan dasar-dasar dakwah kepada agama Allah dan menerangkan pokok-pokok Syari’at yang disampaikan oleh para nabi.
b)    Mengokohkan hati rasul dan hati umat Nabi Muhammad dalam beragama dengan agama Allah dan menguatkan kepercayaan para mukmin tetang datangnya pertlongan Allah dan kehancuran kebathalan.
c)    Mengabadikan usaha-usaha para nabi-nabi dan pernyataan bahwa Nabi-nabi dahulu adalah benar.
d)    Menampakkan kebenaran Nabi Muammad s.a.w dalam dakwahnya dengan dapat beliau menerangkan keadaan-keadaan umat yang telah lalu.
e)    Menyingkap kebohongan ahlul kitab yang telah menyembunyikan isi kitab mereka yang masih murni.
f)    Menarik perhatian para pendengar yang diberikan pelajaran kepada mereka.
4.    Hikmah Berulang-ulang Disebut Qashash dalam Al-Qur’an
Al Qur’an melengkapi berbagai-bagai qashash yang di ulang-ulangi menyebutnya di beberapa surat. Sebuah qishash disebut berulang kali dalam bentuk yang berbeda-beda. Kadang-kadang pendek. Kadang-kadang pajang. Di antara hikma yang demikian itu,ialah:
1)    Menandakan kebalaghahan al-qur’an dalam bentuk yang paling tinggi. Di antara keistimewaan- keistimewaan balaghah.dan di tiap-tiap tempat disebut dengan susunan perkataan yang berbeda dari yang telah disebutkan.Dengan demikian selalulah terasa sedap kita mendengar dan kita membacanya.
2)    Menampakkan kekuatan ijaz. Menyebut suatu makna dalam berbagai-bagai bentuk susunan perkataan yang tak dapat di tantang salah satunya oleh sastrawan-sastrawan Arab,menjelaskan bahwasannya al-Qur’an itu benar-benar dari pada Allah.
3)    Memberikan perhatiyan yang penuh kepada qishah itu.mengulang-ulangi sebutan adalah salah satu dari pada jalantanda-tanda besarnya perhatian,seperti keadaannya qishah Musa dan Fir’aun.
4)    Karena berbeda tujuan yang karenanyalah disebut qishah itu.di suatu tempat diterangkan sebahagiannya,karena itu saja yang diperlukan dan di tempat-tempat yang lain disebut lebih sempurna karena yang demikianlah yang dikehendaki keadaan











DAFTAR PUSTAKA
Shiddieqy. Ash Prof. Dr. T.M Hasbi. Ilmu-ilmu Al-Qur’an : PT Bulan Bintang, Jakarta 1993.